searchbox

Selasa, 29 November 2011

Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon

RANDUDONGKAL - Bupati Pemalang H Junaedi SH MM di Desa Kejene Kecamatan Randudongkal, Senin (28/11) kemarin melakukan acara pencanangan Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon, yang dipusatkan di Petak 123 RPH Kejene KPH Pemalang. Dalam program ini, Pemkab Pemalang berkerjasama dengan Perum Perhutani dan Kodim 0711 Pemalang. Meskipun diguyur hujan lebat namun acara tetap berjalan lancar.
Bupati Pemalang H Junaedi SH MM dalam sambutannya mengatakan,  perlu diketahui bersama bahwa Indonesia ini merupakan Negara yang memilki luas hutan tropis terbesar ketiga di dunia yaitu seluas kurang lebih 138 juta hektar. Kawasan hutan ini memiliki peranan yang amat penting bagi kehidupan karena  memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan dianggap sebagai paru paru dunia. Namun demikian dalam beberapa tahun terakhir kekayaan hutan cenderung berkurang yang disebabkan adanya illegal loging, penjarahan  dan alih fungsi lahan serta perambahan kawasan hutan, penambangan hutan dan tindak perusakan hutan lainnya yang menyebabkan luas hutan semakin berkurang.
“Fenomena tersebut tentunya sangat memprihatinkan dengan tindakan perusakan hutan selalu mengakibatkan pemanasan global dan penyebab rusaknya ekosistem dan menurunkan kualitas lingkungan hidup,” katanya.
Akibat kerusakan hutan juga menyebabkan bencana alam tanah lonsor dan banjir. Oleh karena itu, upaya yang efektif dalam mengatasi masalah ini adalah melalui penanaman hutan secara massal. Dan pohon ini mempunyai manfaat dan kemampuan yang tinggi dalam menyerap zat di rumah kaca.  Maka untuk melakukan pencegahan pemanasan global maka bangsa Indonesia di tahun 2011 ini telah melakukan gerakan penanaman satu miliar pohon  yang dilakukan oleh semua komponen masyarakat di wilayah masing-masing untuk menjaga lingkungannya.
Untuk menyukseskan kegiatan tersebut bupati dalam kesempatan itu, mengajak kepada seluruh masyarakat agar kegiatan menanam pohon tidak dimaknai hanya sebatas seremonial belaka. Tapi kegiatan ini hanya sebagai permulaan rencana besar yang akan dilakukan yaitu untuk melestarikan hutan dan lingkungan.
 “Kegiatan menanam pohon harus terus kita lakukan, mari kita tunjukan bahwa bangsa Indonesia ini mampu melakukan rehabilitasi hutan dan mampu melestarikan sumber daya alam dan untuk mewariskan kepada anak cucunya,” tegas seraya meminta kepada Perum Perhutani untuk menjadi pelopor dalam pelesatrian hutan dan lahan serta untuk mengajak masyarakat di lingkungan sekitar hutan.   
Admistratur Perum Perhutani KPH Pemalang Ir Erwin MM dalam laporanya menjelaskan, acara pencanangan Gerakan Menanam Satu Miliar Pohom, sekaligus Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional ini, jumlah pesertanya  sebanyak 350 orang yang terdiri dari   dinas, intansi, tim penggerak PKK, organisasi masyarakat, pelajar dan LMDH se- Kabupaten Pemalang.
Menurutnya, dalam kegiatan penanaman pohon pihaknya telah merencanakan untuk menanam 3 juta pohon  yang akan ditanam  di seluruh wilayah Kabupatn Pemalang, baik di dalam kawasan hutan maupun di luar kawasan hutan.
 “Untuk penanaman di luar kawasan hutan kurang lebih ada sebanyak 2 juta pohon dan yang di dalam kawasan hutan sebanyak kurang lebih 1,5 juta pohon,” paparnya.
 Acara pencanangan Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon di Kabupaten Pemalang, yang dipusatkan di Petak 123 RPH Kejene KPH Pemalang dilakukan secara bersama- sama, yaitu oleh Bupati Pemalang, Komandan Kodim 0711 Pemalang, Kapolres Pemalang, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Ketua DPRD Pemalang, Komandan Satradar, Wakil Bupati Pemalang dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten dan sejumlah pejabat daerah lainnya, diantaranya Administratur Perum Perhutan KPH Pemalang, Sekda Pemalang dan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan serta pejabat dijajaran Pemkab Pemalang lainnya yang juga ikut hadir dalam acara itu. (apt) Radar Tegal

0 komentar:

Posting Komentar