searchbox

Senin, 14 November 2011

SEJARAH FACEBOOK

Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Febuari 2004 oleh seorang yang bernama Mark Zuckerberg. Pada awalnya Facebook hanya digunakan untuk para mahasiswa Universitas Harvard untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Namun yang menakjubkan adalah dalam kurun waktu yang singkat, hanya sekitar 24 jam sejak pertama kali Facebook diluncurkan,
sekitar 1200 mahasiswa Harvard sudah menjadi anggota. Dan dalam kurun waktu sekitar dua minggu saja, lebih dari setengah atau separuh mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki akun Facebook. Bahkan beberapa kampus lain yang berada disekitar Universitas Harvard meminta agar bisa bergabung dalam jaringan Facebook.
 
Dalam kurun waktu sekita empat bulan sejak diluncurkannya Facebook, sekitar 30 kampus telah masuk kedalam jaringan Facebook. Dan setelah mulai berkembangnya jaringan Facebook ini, Zuckerberg dan dua orang temannya akhirnya pindah ke Palo Alto dan menyewa sebuah apartemen disana. 

Di daerah Palo Alto inilah Zuckerberg bertemu dengan Sean Parker, dia adalah salah seorang pendiri Napster, dan diajak bergabung untuk bekerja sama dalam pengembangan jaringan Facebook. Dalam kurun waktu yang tidak begitu lama, bahkan Sean Parker berhasil menarik Peter Thiel, salah seorang pendiri Paypal, untuk menjadi investorpertamanya.pada waktu itu, Peter menginvestasikan 500 ribu USD bagi pengembangan jaringan Facebook. 

Pada waktu tahun 2005, Zuckerberg membeli domain facebook.com dengan harga 200 ribu USD atau setara dengan Rp. 2,3 Milyar untuk mengganti nama dari “The Facebook”. Sesudah itu pada bulan September 2005, Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya pada kalangan mahasiswa saja. Situs facebook ini mulai membuka jaringannya untuk siswa-siswa SMU dan juga pekerja kantoran. Namun di bulan September tahun 2006, akhirnya Facebook membuka pendaftaran bagi semua orang yang sudah memiliki sebuah akaun email. 

Lonjakan yang besar dari jumlah akun Facebook ini menyebabkan Friendstermengajukan suatu tawaran akuisisi kepada Facebookdi awal pengembangannya dengan harga pembelian sekitar 10 juta USD, namun ditolak oleh Zuckerberg. Bahkan setelah Friendster mengajukan tawaran itu, Viacom juga menawarnya untuk membeli Facebook dengan harga 750 juta USD dan juga Yahoo! memberikan tawaran sebesar 1 Milyar USD, namun Zuckerberg menolak semuanya. Accel Partners dan beberapa perusahaan lainnya, seperti Microsoft, memilih untuk melakukan investasi dana dalam pengembangan jaringan Facebook. 

Mark Zuckerberg yang lahir pada tanggal 14 Mei 1984, dia telah berhasil menjadi milyarder termuda di sepanjang sejarah. Mark Zuckerberg juga telah masuk dalam 785 daftar urutan orang terkaya di dunia atau urutan ke-321 se-Amerika versi majalah Forbes, pada usia 23 tahun. Waawww... Amazing!!!
 
copas:blogbloging.co.cc

0 komentar:

Posting Komentar